INFO PENERIMAAN SISWA BARU


Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SD Shafiyyatul Amaliyyah TP 2018/2019


 I. ALUR PENDAFTARAN 

    



 II. INFORMASI PENDAFTARAN 



A. Pelayanan Informasi Pendaftaran
    1. Panitia Penerimaan Siswa Baru
    2. Costumer Service
    3. Kepala Sekolah (PG-TK, SD, SMP, SMA)
    4. Kepala Bagian Pendidikan dan IT YPSA. 

B. Jadwal Pendaftaran
   1. Siswa baru mulai tanggal 30 Januari s/d 9 Juli 2018
   2. Siswa pindahan/mutasi tanggal 30 Januari 2018 s/d 30 Maret 2019
        Catatan: Pendaftaran dapat ditutup lebih awal dari jadwal yang ditentukan 
        apabila kapasitas telah terpenuhi.

C. Tempat Pendaftaran
     YAYASAN PENDIDIKAN SHAFIYYATUL AMALIYYAH (YPSA)
     Jalan Setia Budi No. 191 Kecamatan Medan Sunggal Kota Medan - 20122 
     Telp. 061-8212775, 8211347, 8213207, Faks. 061- 8219570
     Website: www.ypsa.id atau www.shafiyyatul.com
     Email: psb@shafiyyatul.com

     Contact Person:    
     1. Bagian Front Office : Annisa/Putri/Helen Telp. 061-8212775, 8211347
     2. Kepala Sekolah: Azhar Fauzi 08126590589 sdypsa@yahoo.com

D. Informasi Biaya
            

     KETERANGAN : 
  1. U. PSB : Uang Pendaftaran Siswa Baru dibayar calon siswa baru pada saat pendaftaran di YPSA
  2. U. Pangkal : Uang Pangkal dibayar oleh siswa pada saat mendaftar ulang/per unit/ jenjang pendidikan/ sekolah
  3. U. PSS : Uang Pakaian Seragam Sekolah yang dibayar oleh siswa baru pada penerimaan siswa per TP. 2018-2019
  4. U. KST : Uang Kegiatan Siswa Tahunan yang dibayar oleh siswa baru dan lama per kelas / per unit/per tahun
  5. U. SPP : Uang Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan yang dibayar oleh siswa baru dan lama per kelas/per unit/per bulan


      PROSEDUR PENDAFTARAN SISWA BARU / PINDAHAN      

 I. PENDAFTARAN AWAL SISWA BARU 

Syarat-Syarat  Pendaftaran Awal Calon Siswa

          1.  Usia minimal calon siswa per 1 Juli 2018 :  
               Kelas I : 5 tahun 8 bulan
               Kelas II : 6 tahun 8 bulan
               Kelas III : 7 tahun 8 bulan
               Kelas IV : 8 tahun 8 bulan
               Kelas V : 9 tahun 8 bulan
               Kelas VI : 10 tahun 8 bulan

           2. Membayar Uang Pendaftaran Siswa Baru (U. PSB)

               Membayar biaya pendaftaran sesuai dengan jenjang pendidikan ke
               bagian keuangan YPSA. Informasi biaya administrasi sekolah masing-
               masing unit terlampir pada Buku Panduan ini. 
               Daftar Biaya Administrasi Sekolah TP. 2018-2019 Terlampir.

               Pendaftar berhak mendapatkan satu amplop/map yang berisi
               formulir pendaftaran, kartu tes (psikologi, akademik, praktek
               ibadah, & kesehatan), buku profil, buku panduan PSB, dan brosur YPSA.

          3. Mengisi formulir yang disediakan Panitia PSB
              a.   Sistem online di www.shafiyyatul.com
                    Orangtua calon siswa dapat melihat informasi tentang pendaftaran melalui   
                    website psb.ypsa.id dan sekaligus melakukan registrasi secara online.
              b.   Sistem Langsung
                    Orangtua calon siswa dapat memperoleh informasi dan melakukan
                    pendaftaran secara langsung di Sekretariat Panitia Penerimaan
                    Siswa Baru (PSB) YPSA: Jalan Setia Budi No. 191 Medan Sunggal, Medan.
                    Telp. (061) 8212775, 8211347,8213207  Faks. (061) 8219570.



          4. Pendaftar Menyerahkan Formulir Pendaftaran yang sudah diisi dan ditandatangani, 
               serta melampirkan berkas persyaratan Daftar Awal

          5. Syarat Kelengkapan Berkas Pendaftaran Awal:
              Siswa Baru Kelas I
                a. Fotokopi Akte Kelahiran  =  1 lembar
                b. Fotokopi Kartu Keluarga  =  1 lembar
                c. Pasfoto  berwarna 3 x 4 cm  =  4 lembar
                d. Fotokopi Ijazah TK bagi calon siswa kelas 1 SD =  1 lembar

              Siswa Pindah Kelas II - VI
                a. Surat Pindah yang sudah dilegalisasi dari Dinas Stempat
                b. Surat Validasi
                c. Fotokopi Akte Kelahiran  =  1 lembar
                d. Fotokopi Kartu Keluarga  =  1 lembar
                e. Pasfoto  berwarna 3 x 4 cm  =  4 lembar
                f. Fotokopi Raport SD =  1 lembar
                g. Fotokopi Kartu NISN =  1 lembar

              Siswa Pindahan dari Luar Negeri
              Persyaratan tambahan bagi siswa pindah dari luar negeri:
              1. Surat rekomendasi dari Kementerian Pendidikan Pusat (Jakarta)
              2. Konversi Rapor
              3. Surat keterangan jenjang / tingkat kelas yang sesuai

          6. Pendaftar mendapatkan Jadwal Tes Seleksi.


 II. TES SELEKSI 
A. Jenis / Macam Tes Seleksi
     1.  Alumni YPSA (Internal) dari TK YPSA
          SD Reguler : Tes psikologi dan tes kesehatan
          Primary - Tes psikologi dan tes kesehatan

     2.  Alumni Non-YPSA (Eksternal)
          SD Reguler 
          Primary - Tes psikologi, tes akademik, tes praktik ibadah, dan tes kesehatan

B. Jadwal Tes
Tes dilaksanakan setiap hari Sabtu, mulai pukul 08.00 WIB - selesai.

Februari 04 11 18 25  
Maret 04 11 18 25  
April 01 08 15 22 29 

NB.
1. Tes dimulai pada pukul 08.00 WIB
2. Untuk informasi lainnya mengenai pelaksanaan tes akan diberitahukan pada saat pendaftaran


C. Prosedur Tes Seleksi
1. Prosedur Tes Psikologi
a. Bahan tes psikologi adalah wewenang tim psikologi yang telah diberi wewenang penuh oleh Panitia PSB dan Pengurus YPSA
b. Pelaksanaan dilakukan sesuai jadwal yang sudah ditentukan 
c. Tujuan tes ini adalah untuk mengetahui potensi siswa secara umum dan kesiapan belajar di sekolah dengan sistem Full Day School
d. Tes Psikologi bagi calon siswa TK hanya berbentuk observasi perilaku yang bertujuan untuk melihat kemampuan dan kemandirian siswa
2. Prosedur Tes Akademik
a. Bahan tes akademik adalah wewenang Panitia PSB, tes akademik meliputi bidang studi:
NO UNIT / KELAS JENIS TES
  PAI MATEMATIKA ILMU ALAM ILMU SOSIAL BAHASA 
INDONESIA BAHASA
INGGRIS Calistung (Membaca,Menulis, Berhitung)
        
1 PG – TK Tidak Ada Tes Akademik
2 SD / Primary *)       
 • Kelas I        
 • Kelas II–VI       
3 SMP / Lower Secondary *)       
4 SMA / Upper Secondary *)       

*) Khusus calon siswa kelas internasional mengikuti tes kemampuan bahasa Inggris. 

b. Soal bersifat rahasia dan materi yang diujikan disesuaikan dengan jenjang kelasnya
c. Pelaksanaan tes akademik dilakukan setelah tes psikologi
d. Tes akan dilakukan dengan menggunakan komputer bagi calon siswa SD / Primary Kelas III – VI, SMP / Lower Secondary, SMA / Upper Secondary.
e. Tujuan pelaksanaan tes ini untuk mengetahui kemampuan dan kesiapan siswa dalam mengikuti standar proses belajar di YPSA di kemudian hari (baik dari kurikulum Kemendikbud, Kemenag, Internasional, dan Lokal).
d.  Khusus calon siswa kelas internasional (Primary, Lower Secondary dan Upper Secondary) mengikuti tes kemampuan bahasa Inggris 
1) Tes kemampuan bahasa Inggris dilaksanakan setelah tes akademik sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan Panitia PSB 
2) Tes ini wajib diikuti oleh setiap calon siswa kelas internasional, meliputi:
- SD Kelas 1 - 6 :  Reading, Writing, & Speaking
- SMP Kelas 7 - 9 :  Reading, Grammar, Writing, Speaking  **) 
- SMA Kelas 10 - 12 :  Structure, Written Expression,  Vocabulary, 
       Reading,  Listening, Writing, Speaking **) 
** ujian/tes menggunakan computer

3. Prosedur Tes Praktik Ibadah
a.   Tes praktik ibadah adalah wewenang dari Tim PAI Al-Quran YPSA yang telah diberi wewenang penuh oleh Panitia PSB dan Pengurus YPSA.
b.   Tes praktik ibadah dilakukan setelah tes akademik.
c.   Tes ini meliputi:
1) Untuk calon siswa SD/Primary kelas I s/d III: tes membaca Tilawati/Iqra jilid 1-3, melaksanakan sholat fardu dan sunnah, hafalan beberapa do’a dan ayat-ayat pendek Al-Qur’an
2) Untuk calon siswa SD kelas IV s/d VI, SMP/Lower Secondary, SMA/Upper Secondary: tes membaca Al-Quran, melaksanakan sholat fardu dan sunnah, hafalan beberapa do’a dan ayat-ayat pendek Al-Qur’an.
d.  Tujuan Tes ini adalah untuk mengetahui kemampuan dan kesiapan siswa dalam pelaksanaan diniyah/agama dalam kehidupan sehari-hari.

4. Prosedur Tes Kesehatan
a. Tes kesehatan dilakukan di Klinik Mitra Bunda (Klinik Resmi Penerimaan Siswa Baru YPSA).
b. Pemeriksaan kesehatan disesuaikan dengan jadwal yang akan diberikan oleh panitia.
c. Hasil pemeriksaan kesehatan akan menjadi data dasar (medical record) selama menjadi siswa di YPSA. 
d. Pemeriksaan kesehatan siswa PG - TK meliputi: 
1)  Pemeriksaan umum:
- Berat badan
- Tinggi badan
- Frekuensi nadi dan frekuensi nafas
2)  Pemeriksaan fisik: kepala, leher, thorax, abdomen dan ekstremitas
3)  Pemeriksaan mata: visus mata
4)  Pemeriksaan telinga, hidung dan tenggorok
5)  Pemeriksaan gigi dan mulut
e. Pemeriksaan kesehatan siswa SD / Primary meliputi: 
1) Pemeriksaan umum:
- Berat badan
- Tinggi badan
- Frekuensi nadi dan frekuensi nafas
2) Pemeriksaan fisik: kepala, leher, thorax, abdomen dan ekstremitas
3) Pemeriksaan mata: visus mata, buta warna
4) Pemeriksaan telinga, hidung dan tenggorok
5) Pemeriksaan gigi dan mulut
f. Pemeriksaan kesehatan untuk siswa SMP / Lower Secondary dan SMA/Upper Secondary meliputi: 
1) Pemeriksaan umum:
- Berat badan
- Tinggi badan
- Frekuensi nadi dan frekuensi nafas
- Tekanan darah
2) Pemeriksaan fisik: kepala, leher, thorax, abdomen dan ekstremitas
3) Pemeriksaan mata: visus mata, buta warna
4) Pemeriksaan telinga, hidung dan tenggorok
5) Pemeriksaan gigi dan mulut
6) Pemeriksaan laboratorium: pemeriksaan golongan darah
g.   Bagi calon siswa SMP/Lower Secondary dan SMA /Upper Secondary YPSA yang telah dinyatakan lulus tes seleksi masuk, akan dilakukan Tes Kesehatan Tahap II yaitu Tes Bebas Narkoba yang langsung ditangani oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumatera Utara bekerjasama dengan Klinik Mitra Bunda baik dari segi administrasi maupun penjadwalan tes. Pemeriksaan dimulai awal Agustus 2017 dan biaya tes narkoba ini di luar dari biaya pendaftaran.

D. Pengumuman Kelulusan
Hasil tes akan diumumkan melalui telepon atau dapat diakses online di www.shafiyyatul.com empat hari setelah pelaksanaan tes. Ketentuan dan informasi mengenai  diterima atau tidaknya calon siswa baru berdasarkan kriteria sebagai berikut:
1. Memenuhi usia minimal dan maksimal (lihat poin III.A.1 halaman 4) 
2. Lulus tes psikologi, tes akademik, tes praktik ibadah, dan tes kesehatan, dengan kriteria:
a. Hasil tes psikologi: memenuhi criteria kesiapan sekolah.
b. Hasil tes akademik: mencapai nilai 7,5
c. Hasil tes Bahasa Inggris: mencapai nilai 7,5 ( khusus kelas internasional )
d. Hasil tes praktik ibadah: memenuhi kriteria penilaian sesuai dengan ketentuan YPSA.
e. Kesehatan: memenuhi standar pemeriksaan kesehatan sesuai dengan ketentuan YPSA. 
3. Memenuhi persyaratan pembayaran administrasi sekolah.
4. Orangtua dan siswa bersedia menaati peraturan sekolah yang sudah ditentukan YPSA, sebagaimana tercantum dalam buku tatib siswa.
5. Melengkapi berkas administrasi yang sah dan legal sebagaimana tercantum dalam ketentuan persyaratan Pendaftaran awal dan Pendaftaran Ulang.




V. PENDAFTARAN ULANG SISWA BARU

A. Informasi Pendaftaran Ulang
1. Calon siswa baru yang sudah dinyatakan lulus oleh Panitia PSB segera melakukan daftar ulang selambatnya 1 (satu) minggu setelah pengumuman lulus.
2. Apabila tidak mendaftar ulang dalam jangka waktu yang telah ditetapkan maka peluang sebagai calon siswa YPSA dapat digantikan oleh calon siswa lain.
3. Melengkapi syarat-syarat pendaftaran ulang.
4. Apabila tidak menyelesaikan kelengkapan administrasi di atas dan tidak melakukan konfirmasi yang jelas dianggap mengundurkan diri. 

B. Prosedur dan Syarat Pendaftaran Ulang
1.  Setelah dinyatakan lulus, calon siswa segera melakukan pendaftaran ulang di Sekretariat YPSA - Jalan Setia Budi No. 191 Telp. 061-8212775, 8211347, 8213207 Faks. 061- 8219570.
2.  Membayar Uang Administrasi Sekolah (Lihat poin V.C halaman 15)
a.  Uang Pangkal
b. Uang Pakaian Seragam Sekolah
c.  Uang KST 
d. Uang SPP Bulan Juli 2017, dan
e.  Uang Buku Pegangan Siswa
3.  Menyerahkan berkas pendaftaran ulang:
a. Kartu Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
b. Surat pernyataan bila lulus bersyarat
c.  Syarat Tambahan Untuk Calon Siswa Pindahan 
1) Menyerahkan rapot asli dari sekolah sebelumnya
2) Menyerahkan Surat Keterangan Pindah Sekolah yang telah disahkan/dileges oleh Dinas Pendidikan kota setempat
3) Menyerahkan Surat Validasi dari Dinas Pendidikan kota setempat
4) Menyerahkan Kartu Kendali Asli bagi SMP dan SMA  (khusus siswa berasal dari Kota Medan)
5) Syarat Tambahan Untuk Calon Siswa Pindahan dari Luar Negeri:
a. Menyerahkan Surat rekomendasi dari KBRI
b. Surat Penyaluran siswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Pusat (Jakarta).
c. Bagi siswa SMP menyerahkan surat penyetaraan ijazah SD (Primary) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Pusat (Jakarta)
d. Bagi siswa SMA menyerahkan surat penyetaraan ijazah SMP (Lower Secondary) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Pusat (Jakarta)
d. Syarat Tambahan Untuk Calon Siswa Kelas Internasional
1)  Menyerahkan Surat Keterangan / fotokopi sertifikat bahasa Inggris, komputer dan lain-lain (jika ada)
2)  Menyerahkan fotokopi bukti prestasi kejuaraan akademik/non akademik minimal pada tingkat kabupaten/kota (jika ada) berupa sertifikat, piagam, surat keterangan, dan lain-lain
4. Setelah melakukan pembayaran biaya administrasi sekolah dan menyerahkan berkas administrasi, calon siswa YPSA mendapatkan kuitansi bukti pembayaran administrasi sekolah, bukti pengambilan pakaian seragam sekolah dan Buku Biodata Siswa.
5. Orangtua calon siswa YPSA Mengisi Buku Biodata Siswa (BBS) dan menandatangani surat pernyataan di atas materai yang terlampir di halaman terakhir. Buku Biodata Siswa (BBS) dikembalikan pada petugas pendaftaran selambat-lambatnya 1 minggu setelah melakukan pendaftaran ulang.
6. Mengambil pakaian seragam sekolah di Q-Raz Toko Sekolah dengan membawa kuitansi pembayaran Pakaian Seragam Sekolah (PSS) dan bukti pengambilan pakaian seragam sekolah.
7. Mengambil buku-buku pelajaran sekolah yang sudah dibayar di Q-Raz Toko Sekolah dengan membawa kuitansi pembayaran buku pegangan siswa (BPS) dan bukti pengambilan buku pegangan siswa
8. Bagi calon siswa yang sudah resmi mendaftar ulang dihimbau untuk memberikan sumbangan buku bacaan ke perpustakaan YPSA.
9. Lain-lain yang berkaitan dengan pendaftaran ulang.

C.  Biaya Administrasi Sekolah
Uang Administrasi Sekolah dibagi dalam 5 pos yaitu:
1. Uang PSB  : Uang Pendaftaran Siswa Baru
2. Uang Pangkal : Uang Pangkal Pendidikan
3. Uang PSS  : Uang Pakaian Seragam Sekolah
4. Uang KST  : Uang Kegiatan Siswa Tahunan
5. Uang SPP  : Uang Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan

1.  Uang pendaftaran dibayar ketika mendaftar pada saat menjadi calon siswa YPSA (per tahun ajaran baru) untuk: 
a. Biaya administrasi pendaftaran
b. Biaya tes psikologi, akademik, praktik ibadah, kesehatan
c. Untuk calon siswa SMP dan SMA akan dilaksanakan tes narkoba setelah lulus tes dan daftar ulang dan dikenakan biaya sesuai ketentuan yang berlaku 
2.   Uang pangkal dibayar setiap awal masuk menjadi siswa YPSA per unit sekolah (PG – TK, SD / Primary, SMP / Lower Secondary, SMA / Upper Secondary) yang akan dialokasikan untuk pembangunan gedung / sewa gedung dan pembelian sarana prasarana.
3.   Uang pakaian seragam sekolah dibayar ketika awal tahun pelajaran dimulai dengan perincian pakaian sebagai berikut:
No Jenis Pakaian/Atribut Jumlah Keterangan
1 Seragam Batik 
Kemeja + rok/celana 1 setel 1. berlogo YPSA
2. Ukuran S, M, L, XL, LL dan LLL kecuali ukuran istimewa dapat diukur sesuai  dengan ukurannya 
3. diambil di Q-Raz Toko Sekolah. 
4. Keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Sekretariat PSB.
2 Seragam Olahraga:
Kaos + Celana Panjang 2 setel 5. diambil di Q-Raz Toko Sekolah
PG-TK hanya mendapatkan satu stel
3 Atribut: Nama, Logo OSIS, &  Logo YPSA 2 set 
4 Jilbab 1 bh khusus siswi
5 Seragam Khusus Kelas Internasional 1 bh Khusus siswa/i kelas internasional Primary, Lower Secondary & Upper Secondary mendapat pakaian khusus berupa rompi tanpa ada biaya tambahan (Free of Charge)
6 Seragam Diamond Kids 1 bh Khusus PG/TK
Catatan:  Uang pakaian seragam sekolah diatas tidak termasuk biaya pakaian tambahan 
  (Lihat poin  E.2. halaman 19)

ALUR PENGAMBILAN PAKAIAN SERAGAM SEKOLAH 
OLEH ORANGTUA SISWA KE Q-RAZ TOKO SEKOLAH









4.   Uang Kegiatan Siswa Tahunan (KST):
Dibayar setiap tahun di awal tahun pelajaran per unit sekolah masing-masing yang digunakan sesuai standar ketentuan YPSA diantaranya: 
a.   Administrasi kegiatan belajar mengajar
b. Alat-alat tulis kebutuhan tiap kelas
c.   Buku-buku paket/pendukung (untuk PG & TK)
d. Biaya pembuatan LKS/Worksheet, Remedial, Intensif, Ujian Harian, Ujian Tengah Semester, dan Ujian Semester, Try Out, Ujian Sekolah dan Ujian Nasional
e.   Praktikum / Learning By Doing
f.   Kegiatan ekstrakurikuler olahraga dan seni di YPSA antara lain:
Unit Olahraga Seni Keterangan
PG-TK 1. Renang, 
2. Senam, 
3. Olahraga Permainan 1. Tari 
2. Melukis
3. Mewarnai Wajib*)
SD /                       Primary 1. Renang
2. Olahraga Permainan
3. Tenis Meja
4. Pramuka  1. Melukis
2. Kaligrafi
3. Vokal/Musik
4. Tari Wajib*)
 1. Sepakbola 1. Paduan Suara Pilihan**)
SMP /                Lower Secondary
SMA /                   Upper Secondary 1. Renang 
2. Pramuka  Wajib*)
 1. Taekwondo
2. Tenis Meja
3. Basket 
4. Voli 
5. LKBB
6. Futsal 1. Kaligrafi/Seni Rupa
2. Vokal
3. Drama
4. Tari
5. Fotografi 
6. Desain Grafis Pilihan**)

*)  Ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh siswa SD/Primary, SMP/Lower Secondary, SMA/Upper Secondary YPSA. 
**) Ekstrakurikuler yang dipilih.  Setiap siswa SD/Primary, SMP/Lower Secondary, SMA/Upper Secondary YPSA berhak memilih satu pilihan  olahraga dan satu pilihan  seni.
CATATAN
Orang tua dan siswa hendaknya sudah dapat memastikan pilihannya dengan tepat sebab pilihan ini tidak dapat diubah hingga satu tahun pelajaran.
g.   Kegiatan Organisasi Sekolah Intra Sekolah (OSIS) dan Kelompok Organisasi:
UNIT KEGIATAN
SD • Polisi Cilik
• Dokter Cilik
• Patroli Keamanan Sekolah
SMP/SMA • Dokter Remaja
• Palang Merah Remaja (PMR)
• Patroli Keamanan Sekolah (PKS)
• Islamic Youth Club (IYC)
h. Biaya perlombaan baik internal maupun eksternal
i.   Jaminan Pemeriksaan Kesehatan oleh Klinik Mitra Bunda
j.   Asuransi kecelakaan bagi seluruh siswa YPSA (PT Asuransi Jiwasraya)
k.   Peringatan Hari Besar Nasional, Hari Besar Islam dan Kegiatan Internal YPSA seperti:
- Hardiknas
- HUT RI
- Hari Guru
- Hari Anak
- Hari Lingkungan Hidup
- HUT YPSA - Tahajud
- Isra’ Mi’raj
- Halal Bi Halal
- Manasik Haji
- Tahun Baru Islam/Milad MSA
- Maulid Nabi Muhammad SAW
l.   Kesra/Sosial untuk siswa dan guru (sakit dan kemalangan)
m. Internship (Magang)
Kegiatan siswa kelas X SMA selama 3 (tiga) hari yang dilaksanakan di unit usaha lingkungan YPSA maupun instansi lain yang bertujuan meningkatkan keterampilan siswa dalam hal soft skill untuk pelayanan publik, menambah wawasan berpikir, menjalin silaturrahmi serta sebagai latihan menghadapi persaingan dunia kerja nantinya. Sebagai reward, siswa diberikan uang saku sesuai ketentuan yang berlaku.
n. Homestay 
Suatu kegiatan siswa kelas XI SMA yang dilaksanakan  selama 1 minggu di daerah/desa yang ada di  Sumatera Utara yang bertujuan  melatih kecerdasan IQ, EQ, SQ, dan PQ, kemandirian, leadership, kreativitas serta menjalin silaturrahmi.
o. Edu Tour Dalam Negeri dan Luar Negeri
Kunjungan siswa PG/TK, SD /Primary,SMP /Lower Secondary, SMA/Upper Secondary ke berbagai tempat seperti (Perkebunan, Peternakan, Instansi Pemerintah/Swasta, Perusahaan Teknologi, dll) yang ada di Sumatera Utara yang bertujuan menambah wawasan Sains dan Teknologi.
7. Uang SPP dibayar setiap bulan sebelum tanggal 10 bulan berjalan yang akan digunakan masing-masing unit sekolah untuk:
a.   Proses belajar mengajar dan learning by doing sesuai kurikulum Intra Kurikuler: Nasional, Agama, Muatan Lokal, dan Kurikulum Internasional serta Ekstra Kurikuler.
b.   Operasional bulanan sekolah dan makan siang siswa.

D. Seragam Sekolah
 Jenis dan waktu pemakaian pakaian seragam sekolah siswa YPSA adalah sebagai berikut:
1. Jadwal Pakaian Seragam Sekolah
Hari Jenis Pakaian Seragam
 PG/TK  SD / PRIMARY SMP / LOWER SECONDARY SMA / UPPER SECONDARY
Senin Seragam     
PG-TK YPSA Seragam Nasional Seragam Nasional Seragam Nasional
  Putih - Merah Putih - Biru Putih - Abu - abu
Selasa Seragam Batik YPSA
Rabu Pakaian Bebas (Rapi & Sopan) sesuai dengan nuansa warna yang ditetapkan Seragam Nasional Seragam Nasional Seragam Nasional
  Putih - Merah Putih-Biru Putih-Abu-abu
Kamis Pakaian Bebas (Rapi & Sopan) sesuai dengan nuansa warna yang ditetapkan Seragam Batik YPSA Pakaian Bebas Muslim & Rapi Bernuansa Warna sesuai jadwal
   Pria: Kemeja Berdasi
   Wanita: Pakaian Muslimah
Jum’at Pakaian Muslim/muslimah (Putih-putih)
Sabtu Pakaian Seragam Olah Raga Ekstrakurikuler YPSA / 
Seragam Pramuka (sesuai jadwal yang ditentukan)
Khusus bagi siswa/i kelas Intenasional, pakaian khusus (rompi) dipakai bersamaan dengan pakaian seragam sekolah pada hari Senin s.d. Kamis.
2.   Pakaian Seragam Sekolah Tambahan
Jenis Untuk Unit
a. Pakaian Olah Raga Renang PG-TK-SD-SMP-SMA
b. Pakaian Olah Raga Taekwondo Seluruh Siswa/i SMP & SMA
c. Pakaian Laboratorium Seluruh Siswa/i SD,SMP & SMA
d. Pakaian OSIS Seluruh Pengurus OSIS SMP & SMA
e. Pakaian Patroli Keamanan Sekolah Seluruh Pengurus Patroli Keamanan Sekolah
f. Dokter Cilik Seluruh Pengurus Dokter Cilik
g. Dokter Remaja Seluruh Pengurus Dokter Remaja
h. Palang Merah Remaja Seluruh Pengurus Palang Merah Remaja
i.  Pakaian Edu Tour Luar Negeri Seluruh Siswa/i yang mengikuti program Edu Tour ke luar negeri
j. Pakaian Pramuka Seluruh Siswa/i SD,SMP & SMA
k. Pakaian Khusus Kelas Internasional Siswa/i Primary, Lower Secondary dan Upper Secondary

Keterangan:
a. Uang Pakaian Seragam Sekolah (PSS) Wajib: 
• Bagi siswa baru TP. 2017-2018 seragam batik, seragam olahraga kaos: dibayar pada saat pendaftaran ulang PSB di sekretariat PSB (poin D.3 halaman 13)
• Bagi siswa lama langsung membeli ke Q-Raz Toko Sekolah secara Cash
b. Seragam tambahan bagi siswa baru wajib dibeli di Q–Raz Toko Sekolah.
c. Ukuran seluruh pakaian seragam disesuaikan dengan standar ketentuan YPSA.
d. Harga seluruh seragam sekolah disesuaikan dengan harga dan peraturan Q–Raz Toko Sekolah. 
e. Pakaian Khusus Siswa kelas Internasional 
• bagi siswa baru diberikan tanpa ada biaya tambahan (free of charge), dan 
• bagi siswa kelas internasional yang lama bilamana pakaian tersebut rusak atau hilang dapat membeli langsung di Q-Raz toko Sekolah.

VI. INFORMASI PENINJAUAN AREA YPSA


A. Peraturan Tamu Berkunjung 
1. Mematuhi segala tata tertib di YPSA
2. Sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan 
3. Menggunakan tanda pengenal tamu YPSA yang diperoleh dari Security YPSA di Pos Informasi.
4. Sopan, ramah, dan mempunyai itikad baik. 
5. Tidak diperkenankan meninjau ke ruang/kelas pada saat berlangsung proses belajar mengajar.
6. Bagi wanita yang tidak memakai pakaian muslim wajib memakai tutup kepala/kerudung yang  disediakan di Pos Informasi, dan setelah dipakai harus dikembalikan.
7. Dilarang merokok pada saat berada di area lingkungan YPSA.
8. Dilarang mengambil gambar / foto dan video lokasi YPSA.

B. Prosedur Peninjauan Area YPSA
1. Calon siswa dan orangtua/wali yang akan meninjau area YPSA terlebih dahulu menghubungi panitia PSB di sekretariat panitia PSB/Front Office YPSA.
2. Bersama-sama Petugas PSB Seksi Pelayanan dan Pendaftaran, calon siswa dan orangtua/wali mengunjungi area YPSA sesuai jadwal yang telah ditentukan. 
3. Panitia PSB akan memberikan informasi dan layanan sesuai prosedur, standar, dan ketentuan YPSA. 
4. Area yang dapat dilihat dan dilayani oleh Petugas PSB adalah: 
a. Gedung TK Diamond Kids School
b. Klinik Pratama BPJS Mitra Bunda
c. Ruang Makan
d. Area Raz Garden (taman dan air mancur)
e. Gedung SMA (Upper Secondary Building):
1) Kelas SD Internasional / Primary
2) Kelas SMA Internasional /Upper Secondary dan ruang kelas regular SMA
3) Laboratorium Kimia, Biologi, Fisika (MIPA) SMP/SMA
f. Gedung SD (Primary Building) 
1) Kelas SD Reguler 
2) Kelas SMA Reguler
3) Laboratorium Matematika dan IPA (MIPA) SD
g. Gedung SMP (Lower Secondary Building) & Raz Hotel & Convention
1) Kelas SMP Internasional / Lower Secondary dan regular 
2) Raz Hotel Hall & Convention
3) Museum Pendidikan “Raz Galery” (dilihat sesuai perjanjian dan standar YPSA)
h. Sport Centre Area
1) Lapangan Sepak Bola
2) Lapangan Tenis Meja
3) Lapangan Futsal
4) Lapangan Voli
5) Lapangan Badminton
6) Mini Zoo
i. Masjid
1) Lantai 1: Ruang Serbaguna  
2) Lantai 2: Masjid
j. Al-Maidah Cafetaria
k. Q-Raz Toko Sekolah dan Q-Raz Minimarket
l. Zahra Meeting Room
m. Perpustakaan (Digital Library)
n. Raz Course
1) Ruang iBT TOEFL Test Centre
2) Laboratorium Komputer
5. Apabila ada pertanyaan atau membutuhkan informasi lebih lanjut dapat menyampaikan kepada Petugas PSB di Sekretariat Panitia PSB/Front Office YPSA

VII. INFORMASI LAIN-LAIN

A. Informasi Kegiatan Belajar Mengajar
1. Buku Paket dan Buku Pendukung
a. Masing-masing buku pelajaran untuk SD/Primary, SMP/Lower Secondary, SMA/Upper Secondary mengenai daftar harga, judul buku, pengarang, penerbit dan jilid akan diinformasikan secara detail pada saat pendaftaran ulang.
b. Biaya buku paket dan buku pendukung tidak termasuk dalam biaya administrasi sekolah.
c. Buku paket dan buku pendukung dapat diperoleh di Q-Raz Toko Sekolah sesuai dengan harga dan ketentuan yang berlaku. 
2. Perlengkapan Alat-alat Sekolah
 Perlengkapan alat-alat sekolah seperti tas, buku tulis dan alat-alat tulis harus dilengkapi sendiri oleh siswa baru, karena kebutuhan ini tidak termasuk biaya Kegiatan Siswa Tahunan (KST), kecuali PG-TK; buku tulis dan alat tulis sudah termasuk dalam biaya KST.
3. Kegiatan Pembelajaran Informal
Disamping kegiatan sekolah formal, YPSA bekerjasama dengan Raz Course Lembaga Bimbingan dan Pelatihan menyelenggarakan ujian iBT TOEFL bagi siswa/i di dalam maupun luar YPSA. 

B. Informasi Fasilitas Pendukung Pendidikan
1. Masjid Shafiyyatul Amaliyyah
Masjid Shafiyyatul Amaliyyah merupakan sarana pembelajaran Praktik Ibadah siswa dan sebagai tempat kegiatan-kegiatan Keagamaan baik kegiatan rutinitas seperti Sholat Dzuhur, Ashar, Sholat Jumat, Tahajjud, Idul Fitri, Idul Adha, Peringatan Maulid dan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan pengajian bulanan keluarga besar  YPSA (SDM dan orangtua siswa).
2. Masjid Al-Raudhah
Masjid Al-Raudhah merupakan sarana pembelajaran Praktik Ibadah siswa dan sebagai tempat kegiatan keagamaan rutinitas seperti Sholat Dzuhur, Ashar berjamaah, dan Sholat Jumat.


3. Q-Raz Toko Sekolah
Q-Raz Toko Sekolah merupakan tempat penyediaan barang kebutuhan siswa baik kebutuhan sekolah, seperti buku-buku pelajaran, buku tulis, ATK, fotokopi, media-media pembelajaran, pakaian sekolah YPSA, maupun kebutuhan harian siswa dan umum.
4. Q-Raz Minimarket
Q-Raz merupakan minimarket yang menyediakan barang kebutuhan siswa, SDM dan umum, baik kebutuhan makanan ringan, kebutuhan pokok dan umum.
5. Al-Maidah Cafetaria
Al-Maidah Cafetaria merupakan kantin sekolah yang juga menyediakan kebutuhan makanan siswa seperti sarapan, makan siang, aneka minuman dan makanan yang halal serta higienis. 
6. Raz Hotel & Convention
Raz Hotel & Convention merupakan gedung yang didalamnya terdapat ”Convention Hall” yang dipergunakan sebagai pusat kegiatan YPSA untuk kegiatan besar, seperti Perpisahan/Pelepasan Siswa/i kelas VI, IX, XII, Halal Bi Halal, HUT YPSA dan lain-lain. Dan juga menyediakan ruang pertemuan (meeting room) untuk berbagai kebutuhan. 
Di gedung ini juga terdapat Gallery Pendidikan yang merupakan museum koleksi-koleksi keluarga RAZ yang mempunyai nilai sejarah yang tinggi dan juga merupakan suatu media pembelajaran bagi siswa/i.
7. Alamanda Swimming Pool
Alamanda Swimming Pool merupakan tempat pembelajaran ekstrakurikuler renang bagi siswa/i YPSA dan juga dibuka untuk umum. 

VIII. PENUTUP

 Demikian Buku Panduan Penerimaan Siswa Baru (PSB) ini disusun untuk dapat dijadikan pedoman bagi  orangtua/wali calon siswa maupun bagi panitia PSB dalam proses pendaftaran siswa baru di YPSA dan informasi penting lainnya.






 
Support : Creating Website | YF | Template
Copyright © 2011. SD Shafiyyatul Amaliyyah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger